SOAL UJI PENGETAHUAN INFORMATIKA ANALISIS DATA KELAS 8
1. Apakah tujuan belajar analisis data?
2. Bagaimana mengakses, mengolah, dan mengelola data yang cukup banyak
sehingga dapat dianalisis secara efisien, terstruktur dan sistematis?
3. Jelaskan fungsi untuk pencarian data (Vlookup, Hlookup) menurut kamu!
Apa yang dimaksud dengan Pivot table?
4. Apa yang dimaksud dengan SUMIFS dan COUNTIFS?
5. Apa yang dimaksud dengan peringkasan data?
6. Mengapa analisis data penting dikuasai oleh siswa kelas 8 ?
7. Bagaimana langkah-langkah membuat grafik di microsoft excel?
8. Apa yang dimaksud dengan pencarian data?
9. Apa yang dimaksud dengan visualisasi data?
10. Apa yang dimaksud dengan pengelolaan data?
11. Apa yang dimaksud dengan Fungsi Lookup ?
12. Dapatkah kalian menjelaskan perbedaan fungsi match, choose, dan
index? Kira-kira, kapan kalian akan memakainya?
13. Apakah kedua fungsi SUMIFS dan COUNTIFS ini memudahkan kalian
dalam meringkas data?
14. Dari antara fungsi SUMIFS dan COUNTIFS, fungsi manakah yang lebih
sulit digunakan?
15. Menurut kalian, apakah penggunaan absolute references berguna dalam
penerapan fungsi SUMIFS dan COUNTIFS? Jelaskan!
16. Apakah kalian senang dan tertantang belajar materi analisis data ini?
17. Kesulitan apa yang kalian alami ketika membuat lembar kerja secara
unplugged (tanpa komputer)?
18. Mengapa fungsi untuk meringkas itu dinamakan “PIVOT”?
19. Carilah makna kata pivot, dan jelaskan relasinya dengan fungsi pivot Excel!
20. Apakah kalian dapat memahami kegunaan pivot table satu dimensi dan
pivot table dua dimensi yang sudah dipraktekkan di kegiatan ini
JAWABAN
1. Analisis data bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelas. kan mengenai data-data Penelitian, sehingga dapat dipahami oleh orang lain
2. Cara adalah dengan menggunakan sal atar Standard Query Language adalah bahasa Pemrograman yang digunakan dalam mengaksesi mengubah, dan memani- pulasi data yang berbasis relasional.
3. a. Fungsi vlookup dan hlookup adalah untuk pembacaan tabel dimana dua atau lebih tabel mempunyai data Yang saling dihubungkan.
b. Privot Table cara yang interaktif untuk meringkas sejumlah besar data deusan cepat.
4. -Sumifs adalah salah satu dari Fungsi matematika dan trigonometri, menambahkan semua argumennya yang memenchi beberapa kriteria.
-Countif adalah salah fungsi statistik, untuk menghitung jumlah sel yang memenuhi kriteria. misalnya untuk menghitung berapa kali kota tertentu - muncul.
5. Perinskasan data adalah data yang telah dikumpulkan, baik berasal dari populasi ataupun dari sampel, untuk keperluan laporan atau analisis selanjutnya. Perlu diatur. disusun, disajikan dalam bentuk yang jelas dan baik.
6. Karena analisis data sangat diperlukan, sebab Pengambilan keputusan harus berdasarkan dengan data yang ada.
7. cara membuat grafik di Microsoft Excel
-langkah Pertama. Pilih tabel berisi data yang ingin di jadikan grafik.
-Pilih menu "insert" yang ada dimenu bar Pada bagian kiri atas
-kemudian Pilih "recommended charts"
-Akan muncul halaman pop-up dengan berbagai Pilihan grafik
-Jika dirasa grafik kurang pas, template grafik dapat dipilih Pada menu "All charts"
-Setelah diklik, grafik akan muncul secara otomatis pada worksheet
-Judul grafik dapat diubah sesuai dengan Peruntukkan
-Pembuatan grafik di Microsoft Excel selesai
8. Searching (Pencarian data) sering juga disebut table look up atau storage and retrieval information adalah suatu proses untuk mengumpulkan sejumlah informasi didalam Peringat xomputer dan kemudian mencari kembali informasi Yang diperlukan secepat mungkin.
9. Visualisasi data adalah proses menggunakan elemen visual seperti diagram, grafik, atau pada Peta untuk mempresentasikan data.
10. Pengelolaan data adalah proses yang mengubah data mentah menjadi informasi yang berguna dan mudah diterima.
11. Fungsi lookup adalah salah satu fungsi Pencarian dan rreferensi yg digunakan untuk mencari dan menampilkan data dari suatu baris atau kolom referensi berdasarkan nilai tertentu.
12. Perbedaan fungsi match, choose, dan index:
-Match: mengembalikan posisi nilai cocok dalam lookup array, bukan nilai itu sendiri
-Choose: untuk memilih satu dari hingga 254 nilai berdasarkan jumlah Indeks
-Index: menghasilkan nilai atau referensi ke nilai dari dalam tabel atau tentang
13. Iya memudahkan karena Fungsi sumifs adalah menambah- kan semua argumennya yang memenuhi beberapa kriteria. Dan Fungsi countifs adalah menerapkan kriteria kesel melalui Beberapa rentang dan menghitung berapa kali semua Criteria dipenuhi.
14. Menurut saya yg lebih sulit di gunakan yaitu countifs.
15. Iya berguna karena bisa di gunakan, sehingga bisa menemukan nilai/data yg anda ingin kan untuk di hitung rumus tersebut.
16. Iya sangat tertantang belajar materi ini.
17. Kesulitannya adalah:
1. Ketidak akuratan dan waktu
2. Keterbatasan fungsi
3. Kurang fleksibilitas
4. Risiko kehilangan
18. Karena fungsi pivot untuk menghitung, meringkas, dan menganalisis data.
19. Kata pivot berarti strategi yg di gunakan untuk memajukan sebuah bisnis.
20. Iya sudah lumayan memahami nya
Komentar
Posting Komentar